Richard Santosa adalah suami Susan Meity, bapak dari 3 anak perempuan. Lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tahun 1971, Richard lulus SMA Negeri 3 Surakarta tahun 1989 dan melanjutkan pendidikan di Institut Pertanian Bogor Fakultas MIPA Jurusan Statistika. Lulus tahun 1994, Richard melanjutkan pendidikan S-2 Master of Business Administration with Certificate in Finance di Southern New Hampshire University (New Hampshire College), New Hampshire, USA.

RicHard Santosa

1. Awal Karir

Richard Santosa memulai karir pekerjaan sebagai Junior Analyst di Danamon GT Management pada tahun 1996. Setelah sebelumnya sempat bekerja sebagai Fund Manager di Pentasena Arthatama, Richard menjadi Investor Relations Officer di Ramayana Lestari Sentosa Tbk pada tahun 1997 sampai 2000. Selama setahun bekerja sebagai Senior Research Analyst di HSBC Securities, Richard kembali ke Ramayana sebagai Corporate Secretary sekaligus menjabat sebagai Head of Corporate, Promotion and Public Relations sampai 2004. Sejak 2004, Richard menjabat sebagai General Manager Investor Relations (Level 6A) di Astra International Tbk.

2. Keputusan Full-Time

Setelah mencoba paruh waktu selama 3 bulan, saya mengambil langkah iman, yaitu memilih untuk full-time dan mengundurkan diri dari Astra International. Tahun 2008 merupakan tahun transformasi kami. Sebagai pebisnis pemula, kami dibimbing langsung oleh leader kami, Bapak Deny Oetama Hartono dan Ibu Inge Wiriana, pasangan suami-istri legenda bisnis asuransi Indonesia. Hari-hari kami penuhi dengan jadwal pertemuan baik melayani penjualan proteksi maupun merekrut dan membimbing partner bisnis kami. Tuhan memberkati kesungguhan hati kami dengan klien dan partner bisnis yang berkualitas. Pada akhir tahun pertama saya full-time, Tuhan mengembalikan penghasilan kami. Sesuai dengan yang diterangkan oleh leader kami, penghasilan kami meningkat sampai 100 juta per-bulan pada akhir 2012.

3. Mendirikan Kantor Agensi

Kami mendirikan East Star Corporation pada awal tahun 2013 untuk memfasilitasi para partner yang ingin berbisnis bersama kami. Anggota kami bertambah menjadi sekitar 100 orang. Kami sangat bersemangat untuk membantu para partner bisnis dengan mengadakan perekrutan, menyusun dan melaksanakan pelatihan, membuat buku panduan dan alat peraga, dan menemani para partner muda dalam praktek lapang. Seiring semua aktivitas yang kami lakukan, penghasilan kami terus meningkat sampai menembus 200 juta per-bulan. Kami merasakan berkat dan anugerah Tuhan.

4. Visi Besar

Pada tahun 2016, kami melihat peta asuransi Indonesia. Di sana, jelas terlihat bahwa baru 4% penduduk Indonesia yang sadar asuransi. Jika persentase tidak membaik, maka bisa diprediksi akan banyak manusia Indonesia yang lanjut usia tanpa proteksi, anak-anak yatim tanpa dana hidup dan sekolah yang memadai, dan masyarakat Indonesia berketidakmampuan, baik karena kecelakaan atau penyakit berat. Semuanya ini akan menjadi beban masyarakat, tanggungan sosial, dan masalah negara.

Kami mendapatkan visi untuk mengubah cara kerja dan bisnis kami. Pada tahun 2017, kami bergabung menjadi Vision dan memasuki sistem SPEED: Simple Practical Easy Effective Duplicable yang terdiri dari 3 bagian utama: Tahapan Bisnis, Potensi Bisnis, dan Akumulasi Aset. Setelah menjalani SPEED selama 3 tahun, pada akhir 2019, anggota kami naik menjadi lebih dari 250 orang partner bisnis. Puji Tuhan, penghasilan masing-masing partner bisnis juga meningkat berkali-lipat. Kami sendiri memasuki penghasilan 1 milyar per-bulan.

5. Pencapaian

Selain prestasi dan penghasilan yang meningkat, setiap tahun kami memperoleh hadiah perjalanan ke luar negeri. Sampai 2019, dari bisnis asuransi, kami telah mengunjungi 81 kota di 29 negara.

Kami sadar bahwa semua berkat dari Tuhan, sehingga dengan setia kami mempersembahkan perpuluhan kepada Tuhan lewat gereja, ikut dalam pembangunan gedung gereja, dan mengusahakan dana sedekah bagi anak yatim serta pihak-pihak lain yang membutuhkan. Kami juga tertib menyisihkan dana darurat berbentuk deposito, berinvestasi dalam obligasi pemerintah, logam mulia, reksa dana, dan properti.

Tujuan kami adalah membentuk aset yang bisa memberikan penghasilan pasif di atas 1M per-bulan yang pada akhirnya memberikan kemerdekaan keuangan dan kebebasan waktu.

6. Daftar Prestasi

Prudential:
2007: Double Star Club Agent – 2008 MDRT
2008: Double Star Club Agent – 2009 MDRT & Double Star Club Leader
2009: Double Star Club Agent – 2010 MDRT, Top SUM Region Jakarta, President Cabinet Club Leader & President Club Leader South Africa
2010: President Cabinet Club Agent – 2011 MDRT & President Cabinet Club Leader
2011: President Cabinet Club Agent – 2012 MDRT & President Cabinet Club Leader, President Club Leader UK
2012: President Cabinet Club Producer – 2013 MDRT & Elite President Cabinet Club Leader, President Club Leader Rio
2013: Elite President Cabinet Club Producer – 2014 MDRT & Elite President Cabinet Club Leader, President Club Leader Alaska
2014: Top Agent National – Elite President Cabinet Club Producer – President Club Producer – 2015 COT & Double Star Club Leader – President Club Leader Venice

Allianz:
2015: ASN Champion Producer – 2016 MDRT & ASN Champion Unit: MDIT Bintang Satu
2016: ASN Premier Producer – 2017 MDRT & ASN Premier Unit: MDIT Bintang Dua
2017: ASN Premier Producer – 2018 MDRT & ASN Premier Unit: MDIT Bintang Empat
2018: ASN Champion Producer & ASN Premier Unit: MDIT Bintang Lima
2019: ASN Premier Producer – 2020 MDRT & ASN Premier Unit: MDIT Bintang Sembilan

Daftar perjalanan keluar negeri (81 kota)
2008: Moscow & Saint Petersburg (Russia): 2 kota
2009: Siam Reap (Cambodia), Dubai, Istanbul, Paris, Amsterdam, Brussels, Phuket: 7 kota
2010: Zhouzhuang, Suzhou, Shanghai, Beijing, Hong Kong, Cape Town, Zulu (Safari), Star Cruise (Singapore, Penang, Phuket): 10 kota
2011: Lyon, Paris, Nice, Monaco, Cannes, Marseille, Madrid, Zaragoza, Barcelona, London: 10 kota
2012: Casablanca, Marrakech, Rome, Vatican, Montepulciano, Pisa, Florence, Milan, Venice, Verona, Siena: 11 kota
2013: Honolulu, Los Angeles, Las Vegas, Lisbon, Barcelona: 5 kota
2014: Washington, New York: 2 kota
2015: Tokyo, Singapore, Chicago, New Orleans, Monaco, Milan, Venice, Croatia: Hvar, Dubrovnik: 9 kota
2016: Bangkok, London, Manchester, Liverpool, Edinburgh: 5 kota
2017: Bangkok, Munich, Vienna, Hallstatt, Slovakia, Copenhagen, Oslo, Voss, Flam, Bergen: 10 kota
2018: Bangkok, Paris, Amsterdam, Brugge, Brussels: 5 kota 
2019: Kuala Lumpur, Seoul, Daegu, Busan, Taipei: 5 kota
Negara: Russia, Cambodia, United Arab Emirates, Turkey, France, Holland, Belgium, Thailand, China, Hong Kong, South Africa, Malaysia, Singapore, Monaco, Spain, UK, Morocco, Italy, USA, Portugal, Japan, Croatia, Germany, Austria, Slovakia, Denmark, Norway, South Korea, Taiwan = 29 negara

Apakah Anda Ingin Mendapatkan Masa Depan yang Jauh Lebih Baik?

Klik Tombol di Bawah ini Untuk Tahu Caranya